Cara Membuat Link WhatsApp dengan isi pesan

Di artikel ini, Anda akan mempelajari tentang bagaimana cara membuat link WhatsApp yang dapat secara otomatis menampilkan pesan pada aplikasi WhatsApp. Hal ini tentu dapat membantu user dengan memberikan pesan secara template, sehingga tidak perlu repot untuk membuat kalimat lagi ketika menghubungi Anda. Sebelum memulai langkah ini, pastikan nomor telepon tersebut sudah terdaftar sebagai akun WhatsApp.

Berikut adalah format yang akan dijadikan link WhatsApp yang memuat pesan.

https://wa.me/(phone number)?text=(encode text)
Contohnya seperti berikut:
https://wa.me/08231231412?text=Halo%20nama%20saya%20nadine

Menambahkan nomor telepon

Untuk menambahkan nomor telepon, Anda dapat menambahkannya setelah slash wa.me seperti contoh yang diatas. Perlu diketahui, jika Anda hanya menambahkan nomor telefon saja tanpa teks encode, maka tautan tersebut akan tetap ter-direct ke nomor telefon WhatsApp yang dituju tapi tanpa adanya isi pesan.

Menambahkan Text

Untuk memuat text setelah nomor seperti tautan diatas, terdapat 2 cara yang dapat Anda gunakan disini. Pertama, Anda dapat menulisnya sendiri secara manual, kedua, Anda dapat menggunakan bantuan web untuk membuat text.

Cara Pertama

Anda dapat membuat tulisan text yang nantinya akan otomatis muncul saat user klik tautan WhatsApp. Di dalam text ini terdapat dua hal yang perlu Anda ketahui, yaitu cara menambahkan spasi dan mengganti baris.

  • Spasi: Untuk menambahkan spasi dalam teks yang ingin Anda buat, gunakan %20. Misalkan, Anda ingin menulis ‘Hai apa kabar?’, maka akan menjadi ‘Hai%20apa%20kabar?’.

  • Ganti baris: Untuk mengganti baris dalam teks yang dibuat, gunakan %0A. Misalkan Anda ingin menulis seperti ini

‘Halo Nadine. Apa kabar?’

Maka Anda dapat menuliskannya seperti ini ‘Halo%20Nadine,%0Aapa%20kabar?’

Dua pre text diatas adalah yang paling dasar dan mudah untuk dipahami. Masih banyak pre text yang berbeda-beda karena jika Anda menggunakan simbol seperti tanda tanya (?) atau tanda seru (!) dan lain sebagainya, memiliki pre text yang berbeda beda. Jika Anda memang ingin menambahkan simbol, Anda dapat mencoba cara kedua.

Cara Kedua

Anda dapat menggunakan bantuan web pihak ketiga seperti yang telah dicantumkan dibawah. Cara ini dapat menjadi alternatif jika Anda menginginkan proses yang lebih mudah dalam membuat pre text tanpa perlu menulis secara manual seperti cara pertama. Berikut langkahnya:

  1. Anda dapat mengakses web Encode disini untuk membuat pesan.
  2. Buat pesan yang Anda inginkan, lalu klik tombol ‘Encode’.
  3. Salin kode encode tersebut, lalu tempelkan setelah simbol (=) seperti contoh link diatas.

Disini link WhatsApp yang dibuat telah otomatis akan ter-direct ke nomor WhatsApp Anda, sekaligus dengan pesan yang telah dibuat sebelumnya. Tautan tersebut dapat Anda gunakan di button Email marketing, atau di button Page Anda agar saat seseorang melihatnya dan ingin menghubungi Anda, akan lebih memudahkan mereka dalam berkomunikasi dengan Anda.